Jumat, 08 Mei 2009

Kanker



Penyakit Kanker

Sehat dan sakit adalah 2 keadaan yang secara bergantian dialami manusia. Sebagian Penyakit dapat disembuhksn dan sebagian lain harus berakhir dengan kematian . Dalam Al Quran Allah berfirman bahwa setiap yang hidup pasti akan mati . Dalam ayat lain juga dijelaskan bahwa bila ajal telah tiba, tidak sesuatu pun bisa memundurkan at memajukannya .

Sebagaimanakita sadari pula bahwa kematian bisa dating mendadAk, misalnya pada penderita penyakit jantung atau pendarahan otak. Kematian bisa pula disebabkan oleh penyakit yang mengalami proses panjang , sebelum sampai stadium terminal, dan berakhir dengan kematian .

Salah satu penyakit yang melalui p kanker. Penyakit ini mempunyai skialah penyadngroses perjalanan panjatadium sehingga lebih mudah sebagai contoh untuk menjelakan penyakit dengan stadium terminal .Untuk menyamakan persepsi, pengertian terminal adalah pasien yang dalam keadaan menderita penyakit dengan stadium lanjut yang penyakit utamanya tidak bisa diobati lagi dan bersifat progrsif (meningkat). Pengobatan yang diberi hanya menghilagkan gejala dan keluhan . memperbaiki kualitas hidup , dan pengobatan penunjang lainnya.

Dunia penyakit dan masalah kesehatari n dapat dibagi dalam 2 kategori,yaitu akut dan kronis. Akut adalah kejadian mendadak kedaruratan medis yang sebelumnya tidak ada, contohnya luka iris, luka tembak dan patah tulang, dan lainnya. Sedangkan kronis adalah masalah kesehatan dari berbagai macam sebab, contohnya : penyakit – penyakit degeneratif yang berkembang didalam tubuh penderitanya dalam jangka waktu yang lama tanpa gejala – gejala dini yang dapat diperhatikan, sperti penyakit jantung dan kanker.

Semua orang memilliki kemungkinan untuk terkena kanker, namun pada umumnya penyakit ini menyerang manusia yang berusia diatas 40 tahun . kanker biasanya tumbuh dan berkembang beberapa tahun, dapat disebabkan oleh factor lingkungan, bahan kimia, makanan, perilaku / gaya hidup , dan factor biologi atau bisa juga karena factor keturunan. Para ilmuwan belum tahu pasti penyebab dari kanker , tetapi mereka tahu pasti bahwa pilihan gaya hidup dapat memungkinkan sel-sel kanker tumbuh.

Faktor lingkungan yang dapat menyebaabkan kanker adalah seperti sinar matahari dan radiasi , gaya hdup juga dapat meningkatkan resikomterkena kanker. Hal ini berkaitan dengan penggunaan bahan kimia dalam kehiduoan sehari-hari, seperti bahan pengawet, penggunaan kosmetik dan asap rokok. Selain itu factor biologi, seperti infeksi virus, juga dapat menyebabkan kenker. Factor biologi lainnya adlah factor genetic dan adanya kecendrungan dari keluarga. Adanya kelainan genetic seprti down’s syndrome , dapat menyebabkan kanker yaitu kanker darah / leukemia.

Lebihb dari 50 tahun yang lalu, diagnosis kanker diharapkan berhasil karena dokte mengetahui tentang bagaimana menangani dan menanggulangi penyakit kanker. Saat ini 60 % dari orang amerika yang didiagnosis terkene kanker dapat bertahan hidup tidak lebih dari 5 tahun . ketika sulit menyatakan bahwa penderita kanker dapat terbebas dari penyakit , dalam waktu yang lama ada penderita yang mampu bertahan lebih darilnya 5 tahun.

Didalam tubuh manisia yang sehat terdapat kurang lebih 30 milyar tel. Mutasi gen ini d, ada sel yang mati dan yang lainnya bereprpduksi memperbahrui sel yang telah mati dalam bentuk yang baru . sel – sel yang sehat didalam kulit, ranbut perut dan darah misalnya bereproduksi dengan membelah diri. Dalam kanker, gen lainnya yang tetap atau mutasi menyebabkan sel tidak berfungsi . untuk sel yang membawa kanker , biasanya 3-7 mutasi yang berbeda didalam sel tunggal . mutasi gen ini dapat berbentuk dalam beberapa tahun, tetapi mutasi ini dapat membawa sel kanker.

Pengertian Kanker

Kanker adalah suatu kondisi degeneratif kronis dimana sel k pena dan terdiri dari 1.000.000 sel untuk bentuknya. Pada waktu ada tumor yang cukup be waktu 1-5 tahun untuk sebuah tumor kanker mengalami perubahan mutasi secara kimia. Ur didalam tubuh.

yebamumnya, perlu waktu 1 -5 tahun untuk sebuah tumor kanker untuk mencapai ukuran 1 titik pena dan terdiri dari 1.000.000 sel untuk membentuknya. Pada waktu ada tumor yang cukup besar untuk diraba, knaker itu sedang bermultiplikasi secara aktif dan menyebar didalam tubuh selama bertahun tahun.

McCalla mendefinisikan kanker sebagai “ kumpulan sel jaringan tubuh yang tumbuh, menyusup, menyebar, dan merusak jarinagn sekitarnya” (McCalla,1982 dalam Fochtman & G.V. Volley dalam Yeni Kuswarini, 1998)..

Karen R. Peterson, B.A., Ph. D dalam bukunya mengenai cancer (medicine) menjelaskan mengenai kanker , sebagai berikut: “kanker dalam ilmu medis adalah pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak dapat dikontrol yang dapat merusak jaringan tubuh, kanker berkembang didalam organ atau jaringan tubuh , sehingga sangat berbahaya disbanding penyakit lainnya dan dapat menyebabkan kematian” (Karen R,. Peterson,2002).

Dr. Max Gerson menulis:

Umumnya, orang – orang pergi kerumah sakit untuk operasi atau penyakit yang serius, keluarganya menganggap mereka sembuh saat mereka kembali. Ini berbeda dengan kanker. Kanker adalah suatu penyakit degeneratif , bukan penyakit akut dan pengobatannya bisa menjadi efektif hanya jika dilaksanakan secara ketat bersamaan dengan berbagai peraturan selama 1,5 – 2 tahun . ini bukan sebuah gejala yang diobati, juga bukan penyakit yang spesifik , tetapi reaksi dan fungsi dari seluruh tubuh yang harus ditransformasikan dan diperbaiki.(Max Gerson dalam Anne E. F. and David J.F, 2002:95)

0 komentar:

Posting Komentar

 

BaHaGia SaaT SaKiT Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice