Sabtu, 23 Januari 2010

Osteosarcom merenggutku





Osteosarcom…………dari kata itu saja saya tidak paham arti dan makna yang tersirat didalam kertas hasil pendiagnosian kakiku. Tapi dari kata itu ternyata sekarang memulai hidupku penuh sensasi yang tidak pernah aku bayangkan.

Setelah pendiagnosisan dari dokter bahwa tumor yang ada dikaki kananku adalah osteosarcom, lekas tuk mencari informasi-informasi sebanyak-banyaknya tentang pengertiannya. Dari beberapa situs yang saya ambil dari kata Osteosarcoma, ada beberapa pengertian diantaranya adalah kanker tulang ganas utama dari kanker-kanker tulang lainnya dan yang paling umum.

saya ambil diantaranya osteosarcom adalah kanker tulang paling umum mempengaruhi laki-laki yang berumur antara 10 dan 25 tahun, namun dapat lebih kurang umum mempengaruhi dewasa-dewasa yang lebih tua. Ia seringkali terjadi di tulang-tulang yang panjang dari lengan-lengan dan kaki-kaki pada area-area dari pertumbuhan yang cepat sekitar lutut-lutut dan bahu-bahu (pundak) dari anak-anak. Tipe kanker ini seringkali adalah sangat agresif dengan risiko penyebaran ke paru-paru. Angka kelangsungan hidup dari lima tahun adalah kira-kira 65%.

Dan juga situs lain Osteosarkoma Patofisiologi/Etiologi. Osteosarkoma atau osteogenik sarkoma adalah tipe tumor maligna primer yang paling banyak ditemukan. Lebih dari 50% terjadi pada femur distal dan disusul oleh tibia proksimal dan humerus. Tulang pipih dan tulang panjang mempunyai insiden yang hampir sama pada usia lebih dari 25 tahun.


Osteosarkoma adalah lesi yang relatif besar, menyebabkan nyeri dan pembengkakan dalam durasi singkat. Area yang terkena biasanya hangat karena vaskularisasi pada area tersebut meningkat. Bagian pusat massa berupa sklerotik meningkatkan aktivitas osteoblastik; bagian perifernya lembut, meluas melalui korteks tulang dengan tampakan seperti sinar matahari yang klasik, yang diasosiasikan dengn neoplasma. Ekpansi ke dalam kanalis medularis juga umum terjadi.




Osteosarkoma mungkin osteoblastik, kondroblastik, atau fibroblastik, tergantung asal jaringannya. Apapun sumbernya lesinya biasanya bermetastasi ke perifer paru dalam 2 tahun setelah tindakan, dan biasanya berakhir dengan kematian.

Insidens/Prevalensi. Osteosarkoma terjadi lebih sering pada pria dibandingkan wanita (2:1), antara usai 10-30 tahun. Dan pada usia yang lebih tua pada klien dengan penyakit Paget. Klien yang menerima radiasi untuk kanker jenis lain atau klien yang mempunyai lesi benigna juga mempunyai resiko yang tinggi.



Dari beberapa artikel yang saya baca hamper dari persepsi saya bahwa pasien osteosarcom hanya memiliki harapan hidup yang sedikit yah minimal 5 tahun, ditemukan pada usia anak-anak dan remaja serta pada penderita laki-laki. Tapi dari survey di RSCM (berhubung saya mengikuti pengobatan saya di sana) ternyata resiko terkena osteosarcom tidak hanya ditemukan pada pasien laki-laki melainkan pasien wanitapun juga banyak, yah termasuk saya. Dan juga tidak hanya di usia muda tetapi di usia ibu-ibu di usia 30an juga banyak ditemukan. Biasyanya pasien yang dating saat kondisi tumor sudah sangat membesar dan stadium lanjut.

Mereka menganggap hanya sepele dengan kondisi tumor yang awalnya kecil kemudian di lakukan pemijitan-pemijitan, beranggapan akan hilang (padahal yang saya tahu tumor itu tidak boleh dipijit, untung tumor saya cuekin) yah akhirnya jadi membesar karena merangsang tumor tersebut. Gitu………..makanya secepat mungkin kerumah sakit apabila ada sesuatu yang aneh dibagian tubuh kita agar semakin dini pengobatan semakin besar harapan tuk sembuh, yah jangan kayak saya udah 2 tahun baru control. Yah jadinya begini deh………….


Membaca artikel-artikel bahwa penyakit osteosarcom hanya memiliki harapan hidup hanya beberapa tahun setelah melakukan pembedahan ataupun pengobatan bagi stadium lanjut membuat saya tambah ngeri. tapi kengerian saya hilang ketika saya membaca kata-kata indah dan penuh pesona dari kitabullah bahwasanya….

Adakah manusia yang menyangka bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan : Kami telah beriman’, sedangkan mereka tidak di uji lagi ? Dan Sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhna ALLAH mengetahui orang-raong yang benar dan sesunggunya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta.” (QS Al-Ankabut : 2-3)

1 komentar:

enda fiVers on 5 Februari 2010 pukul 23.27 mengatakan...

yang tabah teman....

serahkan semua ini pada ALLAH....

Posting Komentar

 

BaHaGia SaaT SaKiT Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice